Jumat, 11 Juli 2008

Curhat

Dulu waktu nyokap baru ditinggalin bokap meninggal, gw ngeliat beliau ati-ati banget kalo bergaul…”kita harus jaga diri, karena posisi Janda itu serba sulit”, waktu itu sih gw biasa aja dan gw anggep nyokap gw Cuma hiperbola aja.

Tapi sekarang setelah gw ngerasain jadi seorang Widow, gw bener2 bisa mengartikan dan merasakan apa kata nyokap gw bilang. ..banyak hal yang membuat gw harus bisa membawa diri gw, antara lain,…
1. Dulu waktu Cherrry masih makan bubur blender, gw selalu belanja di tukang belanja keliling, supaya gw dapet bahan makanan buat Cherry yang fresh. Kalo tukang sayurnya brenti di depan rumah gw mah slebor aja, pake daster tali kecil kek, pake celana pendek kek gw mah bodo amat, depan rumah…tapi kalo tukang belanja nya nemplok di rumah tetangga, gw musti pake baju yang sopan, karena gw takut pembicaraan tetangga yang nyinyir misalnya “tau ga itu janda”lah, ato”jandanya pake baju yang merangsang”, ato “wah suami – suami musti matanya dipakein kacamata kuda biar ga liat jandanya” lah
2. Di setiap perkumpulan Gereja, ato di sekumpulan temen gw juga harus bawa diri gw, gw ga bisa dan seenaknya ngobrol dengan laki-laki, apalagi yang uda beristri.
3. Bergaul dengan siapapun gw harus jaga jarak dan ga bisa seenaknya kaya dulu lagi waktu gw belom jadi widow, terutama dikantor bisa2 dikiranya gw lagi HBL lagi. (haus belaian lelaki).

Pleeese deh, gw ga minta jadi Widow, apalagi yang ditinggal mati suaminya,…tau deh kalo yang emang niatnya cere, baru-baru ini gw malah eneg banget sama temen gw, jelas2 didepan gw dan di telinga gw bilang kalo “perjaka mau ga sama Janda”, kenapa sih apa Janda tuh bukan manusia, apa janda itu ga layak buat ditemenin.statement temen gw itu bener ga termaafkan dan meyakiti hati gw.

Gw ga pernah beda2in orang dalam bertemen, suami gw juga bukan perjaka, dia duda tapi dia bisa membuat gw jadi wanita yang berharga, dan gw ga pernah nyesel dapetin dia.bagi gw bukan status yang harus kita bedain tetapi sikap dan sifat seseorang yang perlu kita perhatikan.

Yah semoga deh, gw bisa selalu bisa membawa diri dan menjaga diri gw, supaya mulut orang tuh ga seenaknya lagi memandang sebelah mata seorang Widow.segala pernyataan yang ga enak tentang widow akan selalu jadi pelajaran buat gw dan akan jadi cambuk buat gw untuk belajar untuk mengerti tentang kehidupan.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

sabar mi... yang sabar... semoga kesabaranmu bisa meruntuhkan hati brad pitt untuk segera berpaling pada dirimyu... hahaha...

siapa sih yang berani2nya ngomong begitu di depanmu? siapa juga janda yang mau sama perjaka kayak dia? hohoho kok jadi aku yang nyolot yak??

Anonim mengatakan...

hmm.. emang susah jadi janda (kayak gue ngalamin aja..) nyokap gue juga selalu bilang begitu. tapi lo banyak didoain karena pendeta kalo berdoa sebelom makan selalu berdoa buat fakir miskin, anak yatim, dan janda2. berarti lo dapet doanya dua kali yah. hehehe.. parah ih, gue gak sensitif sama perasaan orang lain. abis kita sama2 anak yatim sih.. ;) muach!

Sil Frebrian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sil Frebrian mengatakan...

sorry ya...salah pencet. lagi error..hehe.

yg tabah ya mi..resiko kita jadi org indonesia ya begitu...gossip sana sini. jangankan status, masalah materi, anak, mobil, sampe jeroan2 RT orang aja jadi gossipan.
untung aku budeg dan ndableg. dunia jadi indah....hehe.

yenni 'yendoel' mengatakan...

budaya di asia emang gitu yah.
dari postingan ini juga ngajarin kita semua untuk lebih berhati2 jangan menyakiti perasaan orang lain dalam hal apapun.
dan, apa sih maksud rekan kantormu itu ngomong gitu? apa memang sengaja mau nyakitin perasaan? emang tadinya lagi bahas apaan kok tiba2 ngomong kek gitu.
gak ada salahnya kok jadi widow. apalagi suamimu meninggal sakit.
sabar yah Mi.
aku juga baru2 ini punya pengalaman dan jadi mengingatkan untuk lebih berhati2 kalo berbicara. di kantin ada tukang cuci piring. kelihatan dah agak berumur. jadi kita2 pada manggil dia "tante". suatu hari tau2 dia gak datang lagi, aku tanya ke yg tugas jatahin lauk, ke mana tante ini. terus dijawab hamil dan balik kampung. hah? emang umurnya berapa tanyaku. dijawab, "wong umurnya gak terlalu beda banyak dari kamu. kamu manggil dia tante."